Tugas 3
No.
|
Sikap
Positif
|
Sikap
Negatif
|
1
2
3
|
Sila ke-1
·
Rajin beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan taat
·
Suka memberi pertolongan karena Tuhan Yang Maha Esa
·
Takut untuk berbuat kejahatan karena yakin Tuhan akan membalasnya
·
Suka bersedekah terhadap sesama umat manusia
Sila ke-2
·
Menolong terhadap orang yang membutuhkan
·
Membantu teman jika dalam keadaan yang sulit
·
Bersikap peduli, ramah tamah, dan menyenangkan terhadap orang sekitar
·
Bersikap tegas, adil, dan berani terhadap masalah yang didapat
sehari-hari
Sila ke-3
·
Melakukan kerja bakti desa secara gotong royong
·
Melaksanakan musyawarah terhadap masalah yang sulit dipecahkan
·
Mengambil jalan pencarian mufakat jikalau musyawarah menemukan
kebuntuan, tanpa ada pihak yang dirugikan
·
Mendukung program yang dibuat sekolah , jika program itu positif dan
tidak merugikan siswa
|
Sila ke-1
·
Tidak mengerjakan ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa
·
Bersikap acuh tak acuh terhadap sesama umat manusia
·
Melakukan perbuatan kejahatan dengan keadaan sadar bahwa tuhan akan
membalasnya
·
Bersikap tidak peduli terhadap orang yang membutuhkan sedekah
Sila ke-2
·
Acuh tak acuh terhadap orang yang membutuhkan
·
Tidak peduli terhadap teman yang dalam keadaan sulit
·
Bersikap tidak peduli dan sombong terhadap orang sekitar
·
Bersikap egois, tidak adil, dan main hakim sendiri terhadap masalah
yang ditemui
Sila ke-3
·
Apatis terhadap acara-acara desa yang merakyat seperti kerjabakti
·
Asal mengambil keputusan sendiri dalam memecahkan masalah bersama
·
Main egois sendiri dengan merugikan orang lain, yang seharusnya
memberikan kesepakatan bersama tanpa ada orang yang dirugikan
·
“Masa bodoh” terhadap program-program yang dibuat sekolah
|
Sikap Positif
|
Sikap
Negatif
|
Sila ke-4
·
Kepala sekolah dalam membuat kebijakan mengedepankan kepentingan
murid-muridnya
·
Kepala sekolah tidak menyulitkan murid-muridnya dalam membuat
peraturan atau kebijakan
·
Tanggung jawab ketua kelas terhadap masalah masalah yang terjadi di
lingkup kelas
·
Tanggung jawab terhadap kebersihan lingkugan hidup
Sila ke-5
·
Kepala sekolah memberikan hak yang sama terhadap murid-muridnya
·
Seorang guru memberikan nilai secara obyektif tidak subyektif
Kepada murid
·
Dalam memilih teman kelompok tugas sekolah tidak pilih-pilih teman
·
Guru adil dalam memberikan nilai jika murid telah tuntas melaksanakan
kewajibannya
|
Sila ke-4
·
Kepala sekolah membuat kebijakan yang merugikan murid-muridnya
·
Kepala sekolah menyulitkan murid-muridnya dalam membuat peraturan
·
Ketua kelas tidak tanggung jawab terhadap masalah yang terjadi di
kelas
·
Membuang sampah sembarangan, misalnya di kolong meja kelas
Sila ke-5
·
Kepala sekolah pilih kasih
memberikan haknya
·
Seorang guru menilai secara subyektif terhadap murid
·
Dalam memilih teman kelompok tugas sekolah memilih yang
pintar-pintar, sedangkan teman yang mungkin terlihat malas diabaikan
·
Guru tidak adil dalam memberikan nilai, padahal murid sudah
melaksanakan kewajiban dengan baik
|
Tugas 4
Berikan 10 sikap positif sendiri
terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
1.
Berusaha rajin beribadah
dengan tepat waktu, dan berusaha sembahyang secara jama’ah
2.
Berusaha memberikan
sebagian uang saku ke infaq hari jumat
3.
Melakukan kebiasaan rutin
salim dan salam ke orangtua saya
4.
Berusaha menolong teman
yang kesulitan
5.
Menyenangkan dengan
berinteraksi terhadap teman-teman di sekitar
6.
Berusaha ramah dan sopan terhadap
guru atau orang yang lebih tua dari saya
7.
Berusaha mengerjakan tugas
dengan baik dan tepat waktu
8.
Berusaha mempersiapkan
diri jika keesokan hari akan diadakan Ulangan Harian
9.
Berusaha peduli terhadap
adik, misalnya ketika adik meminta tolong untuk mengajari tentang pekerjaan
sekolahnya
10.
Berusaha bersikap baik dan
menyenangkan orang sekitar setiap harinya
Soal-Soal beserta jawaban
1.
Sanggup
dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara, merupakan amalan
Pancasila sila ke....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
2. Mengakui bahwa setiap WNI memiliki kedudukan, hak dan kewajiban yang sama, hal ini merupakan perwujudan dari sila ke....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
3. Memberikan kepercayaan terhadap wakil rakyat untuk memimpin bangsa, perwujudan sila ke....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
4. Mengembangkan sikap gotongroyong, perwujudan sila ke....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
5. Tidak melakukan perbuatan yang merugikan kepentingan orang lain atau umum, perwujudan sila ke....
a. 5
b. 4
c. 3
d. 2
e. 1
6. Sila kedua dapat diwujudkan dengan perbuatan....
a. Rela berkorban untuk bangsa
b. Cinta tanah air
c. Mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia
d. Tidak memaksakan kehendak untuk percaya pada agamanya
e. Toleransi antar umat beragama
7. Sila pertama dapat diwujudkan melalui perbuatan....
a. Rela berkorban demi bangsa
b. Cinta tanah air
c. Mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia
d. Tidak memaksakan kehendak untuk percaya pada agamanya
e. Toleransi antar umat beragama
8. Mengembangkan sikap persatuan, merupakan perwujudan sila ke....
a. 3
b. 4
c. 5
d. 2
e. 1
9. Sebagai WNI yang baik kita harus, kecuali....
a. Menerima Pancasila sebagai dasar negara
b. Mengamalkan nilai Pancasila dalam kehidupan
c. Menyaring budaya luar yang masuk
d. Menolak nilai yang ada dalam Pancasila
e. Mempertahankan kelestarian ideologi Pancasila
10. Salah sikap yang harus dilakukan dalam sila pertama adalah....
a. Memelihara kebersihan tempat ibadah
b. Gotong royong
c. Tidak mendiskriminasi seseorang
d. Seimbang antara hak dan kewajiban
e. Saling tolong menolong
11. Salah nilai yang terkandung dalam sila kedua adalah....
a. Memelihara kebersihan rumah ibadat
b. Menaati norma yang berlaku
c. Mendahulukan kepentingan umum
d. Menjaga rasa kekeluargaan
e. Musyawarah mufakat
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
2. Mengakui bahwa setiap WNI memiliki kedudukan, hak dan kewajiban yang sama, hal ini merupakan perwujudan dari sila ke....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
3. Memberikan kepercayaan terhadap wakil rakyat untuk memimpin bangsa, perwujudan sila ke....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
4. Mengembangkan sikap gotongroyong, perwujudan sila ke....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
5. Tidak melakukan perbuatan yang merugikan kepentingan orang lain atau umum, perwujudan sila ke....
a. 5
b. 4
c. 3
d. 2
e. 1
6. Sila kedua dapat diwujudkan dengan perbuatan....
a. Rela berkorban untuk bangsa
b. Cinta tanah air
c. Mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia
d. Tidak memaksakan kehendak untuk percaya pada agamanya
e. Toleransi antar umat beragama
7. Sila pertama dapat diwujudkan melalui perbuatan....
a. Rela berkorban demi bangsa
b. Cinta tanah air
c. Mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia
d. Tidak memaksakan kehendak untuk percaya pada agamanya
e. Toleransi antar umat beragama
8. Mengembangkan sikap persatuan, merupakan perwujudan sila ke....
a. 3
b. 4
c. 5
d. 2
e. 1
9. Sebagai WNI yang baik kita harus, kecuali....
a. Menerima Pancasila sebagai dasar negara
b. Mengamalkan nilai Pancasila dalam kehidupan
c. Menyaring budaya luar yang masuk
d. Menolak nilai yang ada dalam Pancasila
e. Mempertahankan kelestarian ideologi Pancasila
10. Salah sikap yang harus dilakukan dalam sila pertama adalah....
a. Memelihara kebersihan tempat ibadah
b. Gotong royong
c. Tidak mendiskriminasi seseorang
d. Seimbang antara hak dan kewajiban
e. Saling tolong menolong
11. Salah nilai yang terkandung dalam sila kedua adalah....
a. Memelihara kebersihan rumah ibadat
b. Menaati norma yang berlaku
c. Mendahulukan kepentingan umum
d. Menjaga rasa kekeluargaan
e. Musyawarah mufakat
11. Fungsi
pancasila, salah satunya adalah kecuali....
a. Sebagai kepribadian bangsa
b. Sebagai dasar negara
c. Sebagai sanubari bangsa
d. Sebagai ideologi bangsa
e. Sebagai nilai bangsa
13. Pancasila bersifat dinamis, artinya....
a. Menyesuaikan diri dengan zaman
b. Mewujudkan kehidupan yang aman
c. Membangkitkan semangat
d. Mengembangkan sikap peduli
e. Mewujudkan sikap demokrasi
14. Penyelenggaraan neraga RI dilaksanakan diatas landasan Pancasila, berarti Pancasila berfungsi sebagai....
a. Ideologi bangsa
b. Pandangan hidup bangsa
c. Kepribadian bangsa
d. Sumber hukum
e. Dasar negara
a. Sebagai kepribadian bangsa
b. Sebagai dasar negara
c. Sebagai sanubari bangsa
d. Sebagai ideologi bangsa
e. Sebagai nilai bangsa
13. Pancasila bersifat dinamis, artinya....
a. Menyesuaikan diri dengan zaman
b. Mewujudkan kehidupan yang aman
c. Membangkitkan semangat
d. Mengembangkan sikap peduli
e. Mewujudkan sikap demokrasi
14. Penyelenggaraan neraga RI dilaksanakan diatas landasan Pancasila, berarti Pancasila berfungsi sebagai....
a. Ideologi bangsa
b. Pandangan hidup bangsa
c. Kepribadian bangsa
d. Sumber hukum
e. Dasar negara
15. Dari
pernyataan-pernyataan berikut ini yang merupakan cerminan dari Pancasila sila ke
II adalah ….
a. Kedaulatan adalah di
tangan rakyat.
b. Pimpinan Kerakyatan
adalah hikmah kebijaksanaan yang dilandasi akal sehat.
c. Cita-cita masyarakat
Indonesia adil makmur, materiil dan spiritual yang merata bagi seluruh rakyat
Indonesia.
d. Pengertian manusia yang
beradab yang memiliki daya, cipta rasa, karsa dan keyakinan
e. Keseimbangan antara
hak dan kewajiban, menghormati hak orang lain.
16. Dari
pernyataan-pernyataan berikut ini yang merupakan cerminan dari Pancasila sila
ke I adalah ….
a. Bangsa Indonesia
adalah persatuan Suku-suku yang meliputi wilayah Indonesia.
b. Pengertian manusia
yang beradab terhadap sesama manusia.
c. Pengakuan terhadap
adanya martabat manusia
d. Ketakwaan kepada Tuhan YME, dengan menjalankan
semua perintahNya dan menjauhi laranganNya
e. Keseimbangan antara
hak dan kewajiban, menghormati hak orang lain.
17. Perhatikan
pernyataan berikut ini !
1) Pengakuan
terhadap adanya martabat manusia.
2) Pengertian
manusia yang beradab terhadap sesama manusia.
3) Pengertian
manusia yang beradab yang memiliki daya, cipta rasa, karsa dankeyakinan,
4) Keyakinan
terhadap adanya Tuhan Yang Maha Esa beserta sifat-sifatnya yang maha sempurna.
5) Kedaulatan
adalah di tangan rakyat.
Dari pernyataan di atas yang merupakan
cerminan Pancasila dari sila kedua adalah ….
a. 1);2);3)
b. 1); 3); 5)
c. 2);
3); 4)
d. 1);
4); 5)
e. 2);
3); 5)
18. Perhatikan
pernyataan berikut ini !
1) Cita-cita
masyarakat Indonesia adil makmur, materiil dan spiritual yang meratabagi
seluruh rakyat Indonesia.
2) Kseimbangan
antara hak dan kewajiban, menghormati hak orang lain.
3) Cinta
akan kemajuan dan pembangunan.
Pernyataan di atas adalah perwujudan
Pancasila dari sila ke ….
a. I
b. II
c. III
d. IV
e. V
19. Perhatikan
pernyataan di bawah ini !
1) Kedaulatan
adalah di tangan rakyat.
2) Pimpinan
Kerakyatan adalah hikmah kebijaksanaan yang dilandasi akal sehat.
3) Manusia
Indonesia sebagai warga negara dan warga masyarakat Indonesiamempunyai
kedudukan, hak dan kewajiban yang sama.
4) Musawarah
untuk mufakat dicapai dalam permusyawaratan wakil-wakil rakyat.
Pernyataan di atas yang merupakan
perwujudan Pancasila sila ke IV adalah ….
a. 1);
2); 3)
b. 2)
dan 3)
c. 1)
dan 4)
d.
Semuanya benar
e. 4 saja
20.
Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1) Persatuan
Indonesia adalah persatuan bangsa yang mendiami wilayah Indonesia.
2) Bangsa
Indonesia adalah persatuan Suku-suku yang meliputi wilayah Indonesia.
3) Pengakuan
terhadap ke Bhinneka Tunggal Ikaan, suku bangsa dan kebudayaanbangsa
(berbeda-beda namun satu jiwa) yang memberikan arah dalam pembinaan kesatuan
bangsa.
Pernyataan di atas
merupakan perwujudan Pancasila sila ke ….
a. I
b. II
c. III
d. IV
e. V
Best Casinos Near Denver, CO - MapYRO
BalasHapusHotels near Boulder Boulder Casino 논산 출장안마 & Hotel. Colorado Springs Casino · Boulder Boulder Hotel 나주 출장샵 · Boulder Boulder Hotel & 경주 출장샵 Casino · Boulder 정읍 출장마사지 Mountain Casino 충청남도 출장안마 · Boulder National Forest